Banyak orang mengartikan Email Marketing dalam satu pengertian, yaitu jualan (selling). Tapi ternyata, ada banyak jenis komunikasi email yang dapat kita gunakan untuk tetap berhubungan dengan teman, rekan kerja dan pelanggan (konsumen). Beberapa di antaranya memang tidak secara langsung terkait dengan penjualan, tetapi tentu dapat memberikan kontribusi dengan cara lain.

Berikut adalah beberapa contoh:

1. Quick Announcements

Sering disebut Postcard Email. Ini adalah bentuk email sederhana, berpentuk pesan singkat yang kepada penerima email tentang Penawaran Khusus, Produk Baru atau lain sebagainya.

Email ini harus dirancang dengan bentuk dan konten yang sesederhana mungkin (simple), mudah dimengerti dan Call to Action yang jelas.

2. Email Newsletter

Tujuan utama dari email jenis ini adalah, membangun hubungan penerima email/pelanggan dengan Anda. Tentu saja, email ini secara tidak langsung akan mengakibatkan peningkatan dalam penjualan, selama kita tetap fokus pada penyediaan isi email yang bermanfaat dan menarik bagi penerima email/pelanggan.

Seringkali isi Email Newsletter tidak secara langsung berhubungan dengan produk Anda. Sebagai contoh, sebuah toko online mungkin mengirim newsletter bulanan yang menampilkan beberapa resep, cerita tentang manfaat dari produk organik dan kolom dengan tips berolahraga. Jadi persiapkan ide-ide kreatif untuk konsep email newsletter Anda.

3. Catalog Email

Email ini adalah, sebuah email berbasis Katalog yang cukup jelas dan menjadi versi elektronik dari sebuah brosur cetak. Tujuan utamanya, untuk mendorong pelanggan mengenal beragam produk dan tertarik untuk membeli.

4. Press Release

Jika Anda memiliki daftar kontak media yang ingin mendapat berita tentang produk atau layanan Anda, maka email Press Release dapat menjadi cara yang baik untuk masuk dalam liputan berita.

Yang harus diperhatikan adalah, kirimkan release Anda hanya pada media atau kontak yang tertarik atau relevant dengan materi Anda.

Lalu bagaimana memilih?

Ketika mempertimbangkan jenis email mana yang cocok untuk promosi, penting untuk diingat bahwa Anda tidak perlu langsung menetapkan satu jenis tertentu. Ada beberapa perusahaan/organisasi yang jauh lebih cocok untuk menggunakan Email Newsletter daripada Catalog Email, begitu juga sebaliknya.

Hal terbaik adalah, dengan melihat respon pelanggan (subscriber) Anda. Cobalah kirim jenis Email Newsletter terlebih dahulu untuk satu atau dua bulan, kemudian lihat hasilnya. Gunakan kreativitas Anda untuk menemukan mana yang terbaik.

Leave a Reply