Beriklan bagi sebagian bisnis kecil bisa terasa agak memusingkan. Kabar baiknya adalah, dengan munculnya pemasaran digital (digital marketing) bisnis kecil kini dapat dengan mudah menjangkau pelanggan baru tanpa anggaran pemasaran yang besar.

Dalam artikel ini, kami coba membahas 5 keunggulan iklan digital untuk bisnis Anda.

Iklan tradisional vs. iklan digital

Anda tidak salah jika menjalankan iklan tradisional. Bagi sebagian bisnis kecil di beberapa kota besar, iklan tradisional masih menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran, seperti beriklan di radio dan TV lokal, hingga memasang iklan baris di surat kabar atau majalah lokal.

Namun, pemasaran digital (digital marketing) dan periklanan (online advertising) kini datang, menawarkan beberapa keunggulan besar.

Di bawah ini, setidaknya ada lima keunggulan utama iklan digital:

1. Iklan digital biasanya lebih murah.

Iklan tradisional sering memiliki biaya besar. Bahkan sebuah iklan baris bisa jadi mahal jika berada di tempat tertentu. Produksi iklan cetak juga memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk berada di majalah atau surat kabar. Iklan di radio dan TV juga demikian.

Di sisi lain, pemasaran iklan digital bisa relatif murah. Menulis (Posting) pesan iklan di media social misalnya, tidak membebani keuangan Anda.

Tentu ada biaya jika Anda mempromosikan pesan Anda, tetapi untuk mengumpulkan pengikut (followers atau fans) tidak membebani Anda, selain waktu Anda. adi, iklan digital baik untuk UKM atau bisnis kecil dengan anggaran kecil.

2. Iklan digital dapat diluncurkan dengan cepat.

Iklan tradisional harus direncanakan terlebih dahulu, kadang membutuhkan waktu berbulan-bulan sebelumnya. Jika tiba-tiba Anda memutuskan untuk menjalankan sebua promo penjualan pada menit terakhir, Anda tidak dapat dengan mudah menyiapkan iklan tradisional dan mengharapkan hasil yang luar biasa.

Misalnya, majalah hanya dapat mencetak empat kali dalam setahun dan iklan Anda harus dikirimkan tiga bulan sebelum mencapai kios koran.

Namun, dengan iklan digital, Anda dapat beriklan kapan saja, sesuai keinginan.

Salah satu contoh iklan digital adalah email marketing. Setelah membuat daftar email pelanggan, Anda tinggal menyiapkan beberapa baris teks berisi informasi promo dan foto atau gambar, lalu menekan tombol untuk mengirim email tersebut. Setelah itu Anda dapat  melihat hasil dari usaha Anda.

3. Iklan digital dapat dilacak dengan mudah.

Manfaat utama pemasaran digital dibandingkan pemasaran tradisional adalah, Anda dapat dengan mudah melacak tinggak keberhasilan iklan Anda. Contohnya, Anda dapat melihat berapa kali iklan Anda dilihat dan diklik. Anda dapat mengetahui berapa banyak orang yang membuka iklan Anda.

Analytics adalah anugerah terbesar bagi iklan digital dan merupakan sesuatu yang dapat Anda manfaatkan dengan mudah.

4. Iklan digital dapat direvisi dengan cepat.

Apakah Anda memutuskan ingin mengganti atau mengirim pesan yang berbeda dari yang baru saja Anda kirim? Anda dapat dengan mudah memperbarui situs web Anda atau mengubah iklan online Anda dengan pesan baru.

Sedangkan dengan iklan tradisional, jika Anda menemukan kesalahan ketik atau kesalahan penulisan nomer kupon, maka ini bisa jadi sebuah bencana.

5. Pemasaran digital memiliki jangkauan global.

Salah satu bagian terbaik dari pemasaran online adalah, jangkauannya yang global. Anda dapat dengan mudah mengiklankan bisnis kecil Anda ke seluruh dunia, mendapatkan lebih banyak pelanggan daripada yang Anda miliki.

Menentukan ROI melalui iklan digital

ROI adalah singkatan dari Pengembalian Investasi (Return on investment). Artinya, pendapatan Anda lebih banyak daripada pengeluaran. Dengan iklan digital, Anda dapat dengan mudah melacak ROI.

Caranya adalah, dengan membuat kampanye iklan digital yang mendorong pendapatan. Untuk usaha kecil, ini berarti memanfaatkan peluang terbaik untuk mendatangkan keuntungan lebih banyak.

Bagi pemilik usaha kecil yang rajin (terutama jika Anda seorang solopreneur yang harus melakukan hampir semua hal sendiri), ini bisa sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu memutuskan berapa banyak waktu yang ingin Anda habiskan dan kapan saatnya untuk membayar orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.

Leave a Reply