Jika ingin mendapat kepercayaan dan kesetiaan dari pelanggan, Anda harus menjaga komunikasi dengan mereka, terutama dalam membagikan kabar terbaru seputar brand Anda. Email buletin atau email newsletter dapat membangun hubungan Anda dengan pelanggan, menarik konsumen baru, dan (pada akhirnya) meningkatkan penjualan.

Lalu apa yang sebaiknya diberikan? Berikut beberapa ide yang bisa dipilih agar konten email Newsletter Anda lebih kaya.

01. Trophy

Apakah brand Anda mendapat penghargaan? Kirim email dan beritahukan pelanggan Anda. Mereka senang bila brand kesayangan mereka berprestasi.

02. Product updates

Pastikan pelanggan Anda tahu tentang perubahan pada produk atau layanan Anda, dan yang paling penting, apa dampaknya kepada mereka.

03. Anniversary

Apakah bisnis Anda punya hari spesial, seperti ulang tahun perusahaan atau memperingati pencapaian tertentu? Email pelanggan Anda dan bagikan kegembiraan tersebut.

04. Lowongan Pekerjaan

Kadang pelanggan adalah karyawan terbaik. Mengapa? Karena mereka sudah mengenal brand Anda dengan baik. Jika Anda membuka lowongan, beritahukan.

05. Sapaan seorang “Presiden”

Coba ingat betapa menariknya saat Steve Jobs naik ke panggung untuk mengumumkan peluncuran produk Apple terbaru? Masukkan ide ini dalam strategi email marketing saat menawarkan produk baru.

06. Video tutorial

Saat meluncurkan produk baru, buatlah video tentang cara penggunaan, dan sertakan dalam email buletin Anda. Video adalah media yang menarik.

07. Tip bulan ini

Kirim email yang berisi tip atau kiat-kiat ke pelanggan. Bisa tip seputar produk atau kiat umum yang berkenaan kegemaran pelanggan, tentunya secara tidak langsung yang terkait dengan produk atau brand Anda.

08. Promo hari ini

Cara apa yang lebih baik untuk menghargai pelanggan setia Anda selain mengirimkan mereka penawaran dan diskon melalui email buletin Anda?

09. Studi kasus

Email buletin lebih dari sekadar berita. Email buletin bisa menginspirasi dengan cerita-cerita dari pelanggan yang menunjukkan bagaimana produk Anda memberikan perubahan positif kepada mereka.

10. Survei

Mengukur rasa senang pelanggan adalah dengan mengirimkan survei atau jajak pendapat. Sudah saatnya brand Anda belajar dari mereka.

11. Mobile App updates

Mungkin pelanggan Anda tertarik dengan aplikasi seluler Anda. Gunakan email buletin untuk mengingatkan mereka bahwa aplikasi Anda siap diunduh, lalu, tawarkan info terbaru seputar aplikasi tersebut.

12. Top 10

Buat 10 daftar teratas seputar produk atau layanan Anda. Daftar adalah cara menyenangkan untuk membuat konten dan informasi menjadi lebih menarik dan menghibur. Pelanggan Anda akan suka.

13. Quote

Anda dapat mengirim beberapa kutipan (quote) yang menginspirasi … melalui email buletin Anda. Ini menyenangkan.

14. Data dan Statistik

Masukkan informasi statistik dan data yang relevan dalam email buletin untuk meyakinkan pelanggan dan membuktikan keunggulan produk dan layanan Anda.

15. Infografis

Infografis adalah salah satu jenis konten online paling populer. Berikan pelanggan Anda informasi dalam bentuk dengan infografis yang dikhususkan hanya untuk mereka.

16. Rekomendasi

Poin ini mungkin tidak disukai. Tapi harus diingat, tidak semua info harus tentang Anda. Tawarkan beberapa rekomendasi aplikasi dari pihak ketiga yang terkait dengan produk dan layanan Anda.

17. Info dari blog

Pelanggan tidak punya waktu cukup untuk mengikuti semua posting blog Anda. Permudah mereka dengan mengirimkan email buletin yang berisi daftar artikel blog yang paling populer.

18. Spotlights

Biarkan pelanggan mengenal tim Anda. Misalnya, perkenalkan tim Customer Service Anda dan berikan sorotan kepada cerita-cerita tentang dedikasi mereka dalam bekerja. Sertakan dalam email buletin.

19. Interviews

Biarkan pelanggan mengenal orang-orang yang bekerja di belakang layar produk Anda — anggota Eksekutif atau tim Produksi Anda. Wawancara dengan tim dapat membuat pelanggan lebih mengenal cerita di balik produksi.

20. Halo Tom

Apakah ada seorang pakar di perusahaan Anda yang dapat menjawab pertanyaan pelanggan? Biarkan pelanggan mengirim pertanyaan dengan kode “Halo Tom” lalu jawab pertanyaan tersebut dalam email buletin Anda.

21. Review

Sudahkah Anda menerima review positif terbaru dari pelanggan? Segera bagikan dalam email buletin Anda.

22. Paparazzi

Ada kemungkinan pelanggan Anda mengambil foto produk Anda. Kumpulkan, lalu bagikan yang terbaik dalam email buletin Anda.

23. Terima kasih

Saat ada pelanggan baru, donatur, peserta acara, sponsor, dll, itulah waktu yang tepat untuk mengirim email “Terima kasih.”

24. Sumber Edukasi

Jika Anda memiliki tautan atau sumber edukasi berguna bagi pelanggan, kirimkan segera dan beri tahu mereka cara mengakses dan menggunakannya. Mereka akan mencintaimu.

25. FAQs

Menjawab setiap pertanyaan pelanggan sudah pasti menyita waktu. Cobalah antisipasi dengan mengirim daftar FAQ. Ini sangat berguna buat mereka dan juga Anda.


With Send Campaign, it’s never been easier to make an impact with email marketing.