Siapa yang untuk membaca email hari ini, harus ke meja kerja dulu? Kenyataannya, saat ini (hampir) semua orang memulai hari kerja mereka ditengah perjalanan, seperti di dalam kereta, bis, taksi. Dan juga, tidak kecil jumlah orang yang memulai dan mengakhiri hari mereka dengan email di tempat tidur. Kebiasaan inilah yang menyebabkan tingginya jumlah orang yang membuka email melalui perangkat mobile.

Mengetahui kebiasaan orang membuka email adalah salah satu faktor penting agar kita tahu kapan waktu yang tepat untuk mengirim email newsletter. Sebelum mengirim email newsletter, ada hal yang sebaiknya perlu diketahui, seperti:

  • Siapa penerima email (subscriber) kita dan dan bagaimana perilaku mereka?
  • Kapan mereka membaca email? Jam berapa?
  • Berapa lama waktu yang mereka sediakan untuk membaca email?

Sebagai contoh, beberapa orang pelaku pemasaran surat elektronik (email marketer) memberikan analisa sebagai berikut:

  • Jam hari kerja (09:00 sampai 17:00 WIB) adalah waktu terbaik. Lebih dari setengah email dibuka pada jam ini.
  • Puncaknya terjadi pada jam sesudah dan sebelum waktu makan siang.
  • Pada waktu makan siang (12:00 sampai 13:00 wib) jumlah orang yang membuka email menurun tajam.

Juga terdapat presentase lain yang menunjukkan sekitar 47% email dibuka di luar jam kerja. Sebagian besar ini oleh mereka yang “tidak bekerja” dan menggunakan perangkat mobile

Dari sini terlihat jelas, ada hubungan antara waktu dan perangkat yang Anda gunakan untuk membuka email Anda. Sebelum dan setelah jam kerja, email lebih sering dibuka melalui ponsel. Dan selama jam kerja, jumlah email yang terbuka melalui komputer desktop meningkat.

Hal ini mungkin dapat cukup dimengerti, mengingat Anda mungkin membaca email saat berada dalam perjalanan (kereta api atau bis) menuju tempat kerja (harap tidak membaca email saat mengemudi!), lalu beralih ke desktop atau laptop untuk melanjutkan membaca email ketika Anda mencapai tujuan Anda.

Kesimpulan

Walau tampaknya jam 9 pagi adalah waktu favorit untuk mengirim email newsletter, namun perlu diingat bahwa tidak ada waktu yang benar-benar ideal untuk mendapatkan openrate yang tinggi. Yang terpenting adalah, bagaimana mengoptimalkan apa yang kita kirim, bukan kapan kita kirim?

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengirim email newsletter:

  • Tentukan waktu dan hari terbaik untuk mengirim email.
  • Berikan pesan yang singkat dan benar-benar jelas. Perlu diingat, penerima email hanya punya waktu kurang dari 3 menit untuk membaca email.
  • Kata pertama dalam baris subjek email Anda adalah sangat penting. Jika menarik, maka email Anda kemungkinan besar akan dipilih untuk dibuka.
  • Sekarang adalah era mobile. Pastikan design (layout) email Anda teroptimalkan untuk perangkat mobile. Lakukan hal serupa untuk halaman tujuan (landing page).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *