Jika Anda bergerak dalam bisnis eCommerce, Anda bisa memaksimalkan penggunaan email marketing. Berikut adalah beberapa jenis atau tema email yang sebaiknya Anda kirimkan ke pelanggan / konsumen untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan pembelian online:

1. Informasi barang baru

Salah satu cara untuk mendorong pembelian adalah, dengan (tetap) memberitahukan pelanggan tentang barang atau koleksi baru di toko online Anda.

TIP: Coba sertakan foto atau gambar produk ke dalam email Anda untuk memotivasi pelanggan agar mau klik dan berkunjung ke situs Anda.

2. Meminta ulasan dari pelanggan

Menampilkan ulasan pelanggan di situs web Anda adalah langkah yang telah terbukti berhasil meningkatkan jumlah pembelian. Jadi, ketika seseorang membeli produk dari toko online Anda, segera kirim email untuk meminta mereka agar menuliskan ulasan (review) produk pada website Anda.

TIP: Anda bisa menawarkan hadiah berupa diskon belanja. Hal ini tidak hanya memotivasi mereka untuk memberikan penilaian, tetapi juga mendorong mereka untuk melakukan pembelian berulang.

3. Email ucapan ulang tahun

Ulang tahun adalah waktu yang menyenangkan bagi semua orang, dan juga waktu di mana orang ingin memanjakan diri mereka sendiri.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mengiriman email ucapan selamat dan sekaligus memberikan promo khusus bagi pelanggan yang sedang berulang-tahun. Hal ini tidak hanya membuat mereka merasa dihargai, tetapi juga mendorong mereka untuk kembali ke toko online Anda dan melakukan pembelian.

TIP: Gunakan foto atau gambar yang bagus untuk meningkatkan motivasi pelanggan mengambil tawaran Anda.

4. Re-engagement email

Ini adalah email yang Anda kirimkan ke pelanggan yang dalam jangka waktu tertentu tidak lagi membeli produk Anda. Tujuan email ini adalah, kembali mempererat hubungan antara produk (brand) Anda dengan pelanggan yang hilang.

TIP: Jangan gunakan kata-kata seperti “Beli sekarang” atau “Download” atau “Klik di sini” pada tombol call-to action. Sebaiknya gunakan kata sepeti “Dapatkan diskon 20%” untuk memperkuat motivasi pelanggan untuk mengambil tindakan, membeli barang Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *