Anda sudah mengumpulkan alamat email dari pelanggan baru. Anda juga sudah dapat persetujuan mereka untuk mengirimkan email marketing. Sekarang anda bingung, ingin kirim email apa kepada mereka? Berikut 2 trik dasar yang bisa digunakan untuk meningkatkan akuisisi pelanggan baru.

Kirim email “Selamat Datang” (Welcome Email)

Email ini bisa anda kirimkan kepada pelanggan baru atau siapa saja yang baru mengunjungi atau berkenalan dengan bisnis Anda. Jika memungkinkan, ajak mereka untuk melengkapi data diri dengan menyertakan link URL yang menuju ke sebuah form pelanggan (subscriber form). Akan lebih baik jika Anda juga menyediakan hadiah (reward) buat mereka sebagai motivasi.

Juga sangat berguna jika Anda menyertakan link URL ke halaman “Bantuan” (help documentation), “Kontak” (Contact) atau “Layan Konsumen” (Custemer Service) yang terdapat pada website anda untuk memberikan rasa nyaman kepada pelanggan baru untuk terus bertransaksi dengan Anda.

Kirim email notifikasi “belum bertransaksi”

Jika pelanggan belum melakukan transaksi dalam kurun waktu yang lama, anda bisa mengirimkan email notifikasi untuk mendorong mereka agar kembali aktif atau melakukan transaksi. Usahakan dalam email ini anda menunjukkan kemudahan dan keuntungan yang bisa mereka dapatkan. jika perlu, berikah promo atau hadiah kecil khusus untuk mereka.

Kini giliran Anda

Apakah ada jenis email lain yang Anda gunakan? Bagaimana pengalaman dan praktik terbaik Anda menggunakan email untuk mengembangkan bisnis Anda? Share with us so we can learn together.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *